Rabu, 13 Juni 2018

Beredar Hoak Penerimaan CPNS 27 Juni 2018, Ini Penjelasan BKN

penerimaan-cpns-2018
cpns-indonesia.com -Dalam waktu dekat ini pemerintah akan membali membuka penerimaan CPNS. Namun anda jangan percaya kepada isu yang menyebutkan pembukaan CPNS 2018 tanggal 27 Juni 2018.
Meluruskan isu tersebut, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, memang akan ada penerimaan CPNS tahun anggaran 2018 namun dilaksanakan setelah pemilihan kepala daerah (pilkada) selesai. Pilkada serentak di seluruh wilayah negeri ini akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

"Jadi kalau ada yang bilang tgl 27 Juni resmi akan diberikan pengumuman itu salah. 27 Juni itu hari selesai Pilkada," kata dia.

Dia mengatakan, BKN dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) saat ini masih terus menyaring formasi CPNS dan memilih tanggal yang tepat pelaksanaan CPNS 2018.
"Kementerian PANRB dan BKN sedang bekerja melihat daerah-daerah mana yang butuh, masih ditimbang-timbang. Sekarang masih digodok," tandas dia.

Alasan buka CPNS 2018
Adapun alasan pemerintah membuka penerimaan CPNS dalam jumlah yang besar adalah untuk memenuhi kebutuhan pegawai di berbagai lingkungan kementerian/lembaga (K/L) terutamanya di daerah.

Sebagai prediksi, pemerintah berencana akan membuka penerimaan CPNS 2018 sekitar 200 ribu kursi, jumlah ini untuk memenuhi kebutuhan CPNS K/L dan daerah.

"Totalnya mungkin sekitar itu (200 ribu kursi CPNS), tapi saya belum tahu karena angkanya berubah terus," kata Bhima.
Bima menjelaskan, jumlah formasi CPNS tahun 2018 bisa sebanyak itu karena daerah akan mendapat jumlah formasi yang lebih banyak dari K/L.

"Sebagian besar daerah akan mendapatkan formasi karena sejak 2014, daerah tidak dapat formasi apa-apa. Adapun banyak yang pensiun, jumlahnya setahun 150 ribu orang. Kalau empat tahun saja, sudah 600 ribu orang," kata dia.

Namun di dalam peraturan perekrutan pegawai negeri yang baru, formasi CPNS tidak akan diberikan kepada daerah yang memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pegawai lebih besar dari 50 persen.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Latihan 2018, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2018 'SERI TERLENGKAP'