Minggu, 25 Februari 2018

Sinyal Kuat Penerimaan CPNS 2018 untuk Jurusan Pendidikan dan Kesehatan Daerah

Sinyal Kuat Penerimaan CPNS 2018 untuk Jurusan Pendidikan dan Kesehatan Daerah
cpns-indonesiacom- Kabar terbaru penerimaan CPNS 2018, dimana formasi yang banyak membuka lowongan adalah jurusan pendidikan dan juga kesehatan di daerah. Kabar ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur.

"Penerimaan [CPNS] 2018 yang kami butuhkan tenaga kesehatan dan pendidikan," kata Menteri Asman seusai acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja pada Pemerintah (SAKIP) Kabupaten/Kota dan Provinsi di Wilayah III di Yogyakarta, Selasa (13/2/2018).

Baca juga
Penerimaan CPNS 2018 ditentukan Bulan April 

Menurut dia, sampai dengan saat ini daerah-daerah masih kekurangan tenaga kesehatan. Begitu juga banyak masih sekolah-sekolah yang kekurangan guru yang berstatus PNS.

Terkait mengenai jumlah kuota CPNS tahun 2018, menurut Asman, sampai saat ini hal tersebut masih dalam tahap penyesuaian dengan anggaran belanja pegawai masing-masing daerah.

"Itu sangat tergantung kepada berapa besar kemampuan daerah dalam memberikan belanja pegawai. Karena untuk daerah yang belanja pegawainya sudah di atas 50 persen kita tidak beri [kuota CPNS]," kata dia, seperti dilansir Antara.

Asman berharap meskipun ada penerimaan CPNS, namun daerah harus tetap dapat menjaga keseimbangan antar belanja pegawai dengan belanja modal.

"Jangan pegawai bertambah tetapi pembangunan menurun. Harusnya pembangunan bisa meningkat dan pegawainya perlahan-lahan kami seimbangkan dengan porsi dan beban kerjanya," kata dia.

Asman di bulan Januari pernah mengatakan nantinya ada sekitar 220 ribu lowongan CPNS untuk tahun 2018 ini. Jumlah ini defisit dibanding jumlah pegawai yang pensiun, hal ini terjadi karena pemerintah ingin mengedepankan kualitas dibandingkan dengan kuantitas CPNS hasil seleksi tahun ini.

Pada waktu yang bersamaan, Asman juga mengatakan kementeriannya masih mencari skema pemberian dana pensiun yang baru bagi para PNS. Pembaharuan sistem pensiun ini merupakan buah pikir dari dua kementerian yaitu KemenPAN-RB dengan Kementerian Keuangan.

"Kita berharap lebih bagus dari sekarang. Besarannya lebih besar dihitung masa kerja dan, jumlah iuran yang sekarang mungkin dikelola bagaimana mestinya. Karena dana pensiun masih dikelola taspen ke depan kita akan kelola manfaat dana pensiun itu," katanya.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Latihan 2018, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2018 'SERI TERLENGKAP'