Searching...
Selasa, 15 Agustus 2017

Kemenkeu Mau Buka Pendaftaran 7000 CPNS, Ini Jawaban MenpanRB



Pendaftaran CPNS 2017 masih berlangsung sampai tanggal 31 Agustus untuk Kemenkumham dan Mahkamah Agung (MA).

Sementara itu seperti dilansir dari berita online liputan6.com Kementerian keuangan (Kemenkeu) berharap juga mendapat restu atau surat resmi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kalau diizinkn Kemenkeu akan membuka lowongan sekitar 7000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2017 ini.

Baca juga:
Info Seleksi CPNS Lulusan SMA
Tips Agar Bisa Lulus Tes CPNS 2017
5 Poin Penting Yang Perlu Diketahui Sebelum Mendaftar CPNS 2017


Menanggapi permintaan tersebut,  Menteri PANRB, Asman Abnur berkomitmen akan segera memproses usulan formasi CPNS dari seluruh Kementerian/Lembaga di pemerintahan termasuk juga Kemenkeu, namun secara spesifik ia mengaku belum dapat menyebut kapan jadwal dimulai pendaftarannya

"Sedang kita proses, dimatangkan benar-benar," kata Asman melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (14/8/2017).

Menurutnya, dalam menetapkan formasi CPNS untuk Kementerian atau Lembaga lain, termasuklah Kemenkeu itu membutuhkan waktu yang cukup lama hal ini menurut Asman dilakukan untuk mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas, bukan hanya mengejar sisi kuantitas atau jumlahnya saja.

"Kita sedang matangkan biar ASN kita tambah bagus," tegas Asman.

Pada penderitaan sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto  masih menunggu surat resmi dari Menteri PANRB untuk membuka lowongan sekitar 7.000 CPNS di tahun ini.

"Kita ingin secepatnya ya, lebih cepat lebih baik dapat kepastian surat resmi formasinya dari PANRB. Tapi saya yakin satu sampai dua hari ini sudah bisa kami terima dari PANRB," jelas Hadiyanto.

"Kalau cepat dapat formasinya, kita bisa segera umumkan karena kan penerimaan CPNS butuh persiapan di beberapa kota, proses administrasinya, pemeriksaan berkas, tes, dan lainnya. Apalagi kalau pesertanya membludak, jadi perlu persiapan," jelas Hadiyanto.

Hadiyanto menjelaskan, jumlah yang diajukan Kemenkeu ke Kementerian PAN RB sekitar 7.000 CPNS, 4000 orang lebih untuk STAN dan 2.800 orang untuk formasi umum.

"Hampir 7.000 lah, karena yang dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) lebih dari 4.000 orang, dan untuk jalur umum sekitar 2.800 orang. Tapi kan ini masih menunggu dari Menteri PAN RB dapatnya berapa," kata dia.

Hadiyanto mengatakan, kebutuhan penambahan pegawai di lingkungan Kemenkeu tiap tahunnya dirasa sangat wajar karna untuk menggantikan PNS yang sudah pensiun maupun mengisi kantor-kantor baru di daerah.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017