Searching...
Rabu, 02 November 2016

Dinas Pendidikan Rawan Pungli, Mengurus SK Penyesuaian CPNS ke PNS Dipungut Biaya


Dinas Pendidikan Rawan Pungli, Mengurus SK Penyesuaian CPNS ke PNS Dipungut Biaya
CPNS-INDONESIA: Ada lagi berita tentang pugitan liar (pungli) di tengah-tengah lembaga pemerintahan, kali ini berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulawesi Utara.

Seperti yang dilansir dari surat kabar http://mediasulut.co (Kamis 3 November 2016) diketahui ada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berstatus 80 persen menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dikenakan pungutan sebesar Rp 150.000 saat mengurus Surat Keputusan (SK) penyesuaian CPNS menjadi PNS, khusus bagi guru fungsional, di Dinas Pendidikan terindikasi surat pungutan liar.

“Saat mengurus SK penyesuaian di Dinas Pendidikan, kami dikenakan pungutan sebesar 150.000. kalau itu sudah menjadi kewajiban kami dan dananya bisa bermanfaat buat Pemerintah, kami ok ok saja. Namun, jangan sampai ini hanya sebagai kamuflase dalam memuluskan praktek Pungli,” terang FT, salah seorang guru di SMK 1 Lolak, Kabupaten Bolmong.

Kemudian ketika dikonfirmasi Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Bolmong, Olii Mokodongan membantah jika dalam pengurusan SK tersebut, dipungut biaya. Olii mengatakan segala pengurusan SK tidak dipungut biaya apa pun atau gratis.

 “Terimakasi atas informasinya. Saya baru mengetahui ini. Namun, jika benar kedapatan bawahan saya melakukan Pungli untuk pengurusan SK penyesuaian, maka akan diberikan sanksi. Informasi ini akan saya tindak lanjuti,” tegas Olii.

Olii menambahkan bahwa dia sudah menghimbau agar seluruh pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Bolmong bekerja secara professional, menghindari dan tidak melakukan praktek pungli.  

 “Sudah ada tim memberantas Pungli. Ini instruksi Presiden melalui Kapolri. Dan dalam waktu dekat ini Dinas Pendidikan Bolmong akan menyurat sampai kepihak Sekolah,” Imbau Mokodongan. (endar yahya).

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017