Searching...
Selasa, 26 Juli 2016

Surat Terbaru Menteri PANRB Mengenai Informasi Pengadaan Pegawai PNS Tahun 2016


Sudah lama para pencari kerja menunggu kabar kepastian rekrutmen CPNS. Dengan terbitnya surat Menteri PANRB yang baru ini akan terjawab apakah dibuka atau tidak penerimaan CPNS 2016.

Dalam surat Edaran tersebut yang ditujukan kepada seluruh Kepala Daerah di Indonesia menjelaskan bahwa tahun 2016 Pemerintah akan menunda perekrutan ASN.

Adapun alasan dari penundaan pengadaan pegawai ASN 2016 ini adalah penghematan anggaran untuk belanja pegawai dan belanja modal.

Perlu diketahui oleh publik bahwa adapun program penghematan belanja ini merupakan bagian dari program Nawacita yang ada pada pemerintahan Presiden Jokowi melalui kabinet kerjanya.

Namun, apakah tahun ini sama sekali tidak ada penerimaan CPNS?

Bagi teman-teman yang saat ini menunggu penerimaan CPNS 2016 jangan khawatir. Dalam surat edaran Menpan-RB tersebut jelas menegaskan bahwa tetap akan mengangkat CPNS untuk dokter, dokter gigi, dan bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan, Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian.

Selain pengangkatan dari jurusan-jurusan yang sudah disebutkan di atas, dalam surat tersebut juga disebutkan pemerintah akan mengangkat pegawai yang berasal dari lulusan pendidikan kedinasan/pola pembibitan dan pengadaan formasi tahun 2014 di lingkungan Pemerintah Provinsi dan beberapa kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat yang pelaksanaannya ditunda, serta Provinsi Kalimantan Utara sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) tahun 2012.

Dalam prosedur pengangkatan CPNS tentu tidak diangkat secara otomatis, melainkan harus mengikuti tes CAT CPNS, kemudian yang lulus tes tersebut akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil tahun 2016.

Untuk lebih jelasnya mengenai surat Menpan-RB mengenai informasi Pengadaan CPNS 2016 silahkan unduh DISINI


Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017