Searching...
Selasa, 20 Oktober 2015

Sulawesi utara Siap Buka Lowongan CPNS Jika Ada Ijin MenpanRB


Kalau tidak ada hambatan maka bulan Desember ini formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah bisa diketahui. Ini di yakinkan melalui beberapa laporan kabupaten/kota di Sulut yang menyatakan siap menerima dan membuka lowongan CPNS.

Informasi ini diperoleh dari Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepulauan Sangihe Edwin Roring SE ME. Menurutnya, dari hasil sosialisasi makanisme perekrutan CPNS di Batam belum lama ini, turut membicarakan soal moratorium CPNS. Hasilnya penundaan penerimaan CPNS dicabut.

Kabar ini senada dengan pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi. Meski tidak menyinggung soal moratorium, namun ia memastikan pengangkatan CPNS tahun depan dimulai April-Oktober. Kuotanya pun cukup banyak, 230 ribu orang.
“Kuota 230 ribu CPNS dari semua formasi sesuai kebutuhan instansi. Itu sudah termasuk honorer kategori dua, bidan desa PTT, serta pelamar umum lainnya,” katanya usai menerima perwakilan bidan desa PTT, (28/9) lalu. Kuota CPNS sebanyak 230 ribu sudah dilaporkannya kepada Menkeu dan DPR.

Kabar baik ini pun langsung disambut Pemkab Sangihe. “Sangihe bisa membuka pendaftaran CPNS mulai tahun depan dan formasinya turun Desember ini. Sedangkan  untuk honor daerah kategori dua masih menunggu petunjuk teknis dari KemenPAN-RB,” ungkap Roring.

Disinggung soal belanja pegawai, menurut Roring, belanja pegawai yang melebihi 50 persen tidak masalah. Karena pembayaran gaji dari Dana Alokasi Umum (DAU). “Apalagi Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak di wilayah perbatasan. Masih banyak kekurangan tenaga pengajar dan tenaga kesehatan,” sebutnya.

Ditambahkan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Sangihe Ratna Lombongadil, berdasarkan analisi jabatan (Anjab), pemkab  mengusulkan formasi ke pemerintah pusat sebanyak 380 orang. “Usulan penerimaan CPNS didominasi tenaga guru dan kesehatan,” tandasnya.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017