Searching...
Kamis, 20 Agustus 2015

Pola Penerimaan CPNS 2015 Akan Bergeser Menjadi Berbasis Kebutuhan


CPNS 2015 - Ada sedikit perubahan pada sistem penerimaan calon pegawai negeri sipil yang baru. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi yang mengatakan bahwa pola penerimaan CPNS akan bergeser dari sebelumnya berbasis perekrutan maka mulai tahun 2015 ini sistemnya berbasis kebutuhan.

"Proses seleksi CPNS kedepan akan bergeser tidak lagi didasarkan pada pengerahan, usulan yang sifatnya kuantitatif, melainkan pada kebutuhan objektif instansi yang secara kualitatif akuntabel," tuturnya, Jumat (21/8/2015).
Pola Penerimaan CPNS 2015 Akan Bergeser Menjadi Berbasis Kebutuhan
Pola Penerimaan CPNS Baru
Mengenai usulan ini, Yuddy menghimbau kepada pemerintah daerah yang akan membuka lowongan cpns dalam waktu dekat agar segera membenahi pola pengajuan kebutuhan formasi CPNS tiap-tiap daerah

"Saya himbau para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sedini mungkin memberikan desain dan analisis kebutuhan pegawai untuk lima tahun ke depan, menurut kebutuhan objektif melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja daerah masing-masing. Kirimkan melalui e-formasi," tuturnya.

Yuddy memperjelas, pelaksanaan tes CPNS kedepan juga akan lebih ketat, transparan, dan memangkas praktik manipulatif dengan penggunaan Computer Assited Test (CAT). "Dengan sistem CAT CPNS, setiap pelamar mempunyai peluang yang sama, yang menentukan kelulusan adalah kompetensi yang bersangkutan," bebernya.

Mengenai wacana moratorium CPNS yang saat ini berlangsung, Yuddy menegaskan bahwa tidak semua instansi akan terkena moratorium tersebut.

"Untuk formasi guru, tenaga kesehatan, penegak hukum, serta penerimaan CPNS yang berasal dari sekolah kedinasan, tetap akan berjalan," terang Yuddy.(cpns-indonesia)

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal latihan CPNS 2017 terbaru, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2017