Searching...
Rabu, 22 Juli 2015

Mendikbud Anies Baswedan Sangat Keberatan Pembatalan Rekrutmen CPNS 2015


CPNS Indonesia – Setelah dilayangkannya kebijakan moratorium oleh presiden RI Joko Widodo dan disusul dengan pembatalan dan penundaan sejumlah formasi CPNS yang sudah diserahkan oleh BKD-BKD dari berbagai daerah. Dan terbitnya surat pembatalan CPNS 2015 oleh MenPan-RB ternyata mendapat tanggapan dan protes dari berbagai lembaga dan juga kementerian, contohnya adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)

Hal ini langsung diutarakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang secara lembaga maupun pribadi dia sangat keberatan dan kecewa dengan kebijakan penundaan sekaligus pembatalan sejumlah formasi CPNS 2015.
Mendikbud Anies Baswedan Sangat Keberatan Pembatalan Rekrutmen CPNS 2015

Alasan Keberatan Pembatalan Rekrutmen CPNS 2015

Tentu respon keberatan ini memiliki dasar yang kuat. Anies mengatakan bahwa keberadaan guru PNS baru sangat dibutuhkan menutupi angka pegawai negeri yang sudah dan akan memasuki masa pensiun. Kemndikbud akan memberikan surat kepada Kementerian PAN-RB dan meminta tes CPNS 2015 bisa dibuka khususnya untuk formasi pilihan seperti Penerimaan CPNS Formasi Guru. (baca juga : Penundaan Pengumuman CPNS 2015 Tidak Berlaku Untuk Formasi-Formasi Ini)

Keberatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan ini memang sangat pas dengan data di Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud yang memperlihatkan sebagian besar provinsi-provinsi yang ada di Indonesia kondisinya kekurangan guru PNS. Dalam data angka kebutuhan guru ideal (AKG) 2015, kebutuhan guru PNS mencapai 492765 orang.

Kebutuhan paling tinggi terutama di Jawa Barat dengan jumlah 99.176 orang. Kemudian Jawa Tengah (54.431 orang) dan Jawa Timur (52.837 orang).

Di beberapa sekolah, kebutuhan guru bisa saja ditutup dengan guru tidak tetap (GTT). Tetapi khusus di sekolah negeri, tidak boleh semua guru diisi oleh guru tidak tetap atau guru non-PNS.

“Harus ada guru PNS-nya. Bagaimana kalau ada yang pensiun, ya harus dicarikan CPNS baru,” ujar Dirjen GTK Mendikbud Sumarna Surapranata. Pejabat yang akrab disapa Pranata itu mengingkapkan, tahun anggaran 2015 masih ada sisa 5 bulan lagi. Sehingga masih ada peluang Kementerian PAN-RB membuka lowongan CPNS baru khusus untuk formasi guru.

Dari pengalaman sebelumnya, Kementerian PAN-RB selalu bilang moratorium CPNS baru. Tetapi nyatanya masih dikecualikan untuk formasi tenaga pendidik dan tenaga medis. Pranata menuturkan sesuai dengan Nawa Cita Presiden Jokowi, pemerintah berencana membangun 8.000 hingga 10 ribu unit sekolah baru (USB) hingga 2019 nanti. Program pembangunan sekolah baru ini diantaranya dalam rangka wajib belajar 12 tahun. “Kalau sekolahnya dibangun besar-besaran, terus tidak ada guru PNS-nya bagaimana,” ucap Pranata.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal latihan CPNS 2017 terbaru, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2017