Searching...
Senin, 23 Februari 2015

10 Tips Persiapan Lulus Seleksi CPNS 2015 (Jurus Andalan)


 10 Tips Persiapan Lulus Seleksi CPNS 2015
TIPS LULUS CPNS - Inilah jurus pemungkas andalan yang bisa teman-teman praktekkan sebagai persiapan agar nantinya bisa lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2015 yang akan datang yang sudah kami kutip dari halaman pengumumancpns.com


Ke-1. Coba amati animo pelamar. biasanya ivoria calon pelamar CPNS dominan memilih instansi daerah, itu sebabnya jumlah pelamar CPNS instansi pusat jauh lehih sedikit. Itu artinya, peluang lolos CPNS instansi pusat lebih besar, sebab tingkat persaingannya lebih kecil. Peserta nilainya melewati passing grade, akan dirangking dari nilai tertinggi hingga terendah. Semakin sedikit peserta, maka tingkat persaingan dikelompok melewati passing grade tentu semakin sedikit pula.

Ke-2. Gunakan Kesempatan Semaksimal Mungkin. Tahun ini, pelamar CPNS hanya diberi kesempatan untuk melamar di 3 (tiga) instansi saja. Hal ini untuk menghindari formasi kosong yang ditinggal pelamarnya disebabkan yang bersangkutan memilih dan lulus di lebih dari satu formasi. Setiap calon pelamar seleksi CPNS di beri kesempatan untuk melamar maksimal 3 formasi di satu instansi. Dimana pilihan pertama menjadi prioritas. Jika pilihan pertama tidak lolos, maka peluang bergeser ke formasi kedua dan seterusnya. Gunakan kesempatan untuk memilih 3 formasi ini. Meskipun hanya satu yang sesuai persyaratan latar belakang akademisnya. Pilihan lainnya usahakan juga sesuai dengan latar belakang akademis, jika tidak pilih formasi yang terbuka untuk semua jurusan.

Ke-3.Gunakan waktu semaksimal mungkin saat mengikuti TKD secara online, baik menggunakan CAT UKG maupun CAT BKN. Jangan membuang-buang waktu memikirkan soal dalam waktu lama. Kerjakan yang termudah terlebih dahulu dan tinggalkan soal yang sulit. Kita bisa melihat diindikator nomor soal di sisi kanan (CAT UKG) atau dibawah (CAT BKN) untuk melihat soal-soal mana saja yang belum kita jawab. Jika semua soal yang mudah telah kita jawab, kita dapat kembali kesoal yang sulit yang kita tinggalkan sebelumnya, sehingga kita masih memiliki waktu untuk menjawabnya.

Ke-4.Jawab semua pertanyaan. Jumlah soal ada sebanyak 20.000 kombinasi soal yang dibuat oleh 17 konsorsium. Tentu saja panselnas telah mempersiapkan soal dengan sebaik-baiknya. Namun demikian, apabila terdapat opsi jawaban yang sama (lebih dari satu), dan opsi jawaban itu adalah pilihan jawaban yang benar, maka pilih salah satu. Jangan pernah meninggalkan soal tanpa jawaban. Ada 3 kelompok soal yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi) dimana nilainya memiliki skala 1-5, TIU (Tes Intelejensia Umum) bernilai 0 jika salah dan bernilai 5 jika benar dan TKW (Tes Kewarganegaraan) bernilai 0 jika salah dan bernilai 5 jika benar. Jika ada soal yang tidak bisa dijawab alias dibiarkan kosong, berarti nilainya 0. Jika kita pilih salah satu jawaban, maka masih ada peluang untuk benar.

Ke-5.Jangan ambil pusing dengan soal. Soal disusun oleh konsorsium perguruan tinggi. Jangan sampai mempermasalahkan soal, sebab panitia tidak akan melayani. Soal dirancang oleh pakarnya, sehingga tidak perlu mempermasalahkan soal atau opsi jawabannya benar atau salah. Lebih baik memanfaatkan waktu yang ada untuk menjawab soal, bukan mempermasalahkan soal.

Ke-6. Jangan bekerja sama. Ruangan CAT BKN telah dirancang sedemikian rupa agar pelaksanaan ujian dapat diikuti dengan tenang. Meskipun nanti barangkali pengawas tidak ada didalam ruangan, jangan terkecoh. Pengawas mengawasi secara langsung dari balik kaca satu arah yang dapat memantau seluruh sudut ruangan. Jangan sampai didiskualifikasi oleh pengawas karena pengawas melihat peserta bekerja sama dengan peserta lain, karena pengawas dapat melihat peserta, sebaliknya peserta tidak bisa melihat pengawas. Lebih baik menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk memikirkan soal yang ditampilkan dilayar komputer sendiri, karena soal yang ditampilkan di layar tiap peserta berbeda satu sama lain, tidak ada yang sama, baik soal maupun pilihan jawabannya.

Ke-7.Jawab TKP terlebih dahulu. Di aplikasi CAT akan diperlihatkan kelompok soal TKP, TIU atau TKW. Sebaiknya jawab TKP terlebih dahulu, sebab semua opsi jawaban TKP memiliki nilai dengan skala 1 s.d 5.

Ke-8.Membekali diri dengan matei-materi terkait sesuai dengan kisi-kisi soal TKD CPNS Tahun 2014.

Ke-9.Mempelajari cara penggunaan aplikasi ujian online, baik cara penggunaan aplikasi CAT UKG, maupun mencoba aplikasi desktop CAT UKG BKN.Tips Lulus Seleksi CPNS 2015

Ke-10. Mendaftar CPNS melalui situs panselnas dan website instansi pusat maupun daerah. Karena meskipun pelamar mengetahui semua tips lulus disini, tetapi tidak mendaftar, dijamin yang bersangkutan gak akan lulus sebagai CPNS tahun 2014. :)

Demikian 10 Tips Persiapan Lulus Seleksi CPNS 2015 semoga dengan ke-10 tips diatas dapat bermanfaat buat Anda yang saat ini sedang persiapan menghadapi ujian CPNS tahun 2015 ini. Salam Sukses :) :)

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal latihan CPNS 2017 terbaru, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2017