Searching...
Minggu, 25 Januari 2015

Inilah Jadwal Penerimaan dan Ketentuan CPNS 2015


Inilah-Jadwal-Penerimaan-dan-Ketentuan-CPNS-2015
www.cpns-indonesia.com - Sejak awal tahun 2015 pemerintah kembali memastikan akan membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil yang baru. Kabar adanya moratorium memang benar namun lebih tepatnya moratoriun tersebut hanya bagi daerah atau instansi yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan.

Ketentuan moratorium yang diberlakukan untuk penerimaan tes CPNS 2015 dengan pertimbangan terhadap penggunaan dana APBD untuk belanja pegawai, dengan kata lain dibedakan dalam tiga kategori berdasarkan tingkat kegunaan APBD yang digunakan untuk belanja pegawai yakni yang dibawah 50% dinamakan minus growth, kemudian 50% serta yang lain adalah diatas 50%. daerah yang boleh tetap mengajukan formasi CPNS hanya daerah/instansi yang anggaran belanja daerahnya tidak lebih dari 50%.

Bagi daerah yang lolos dan memenuhi syarat dan mengusulkan formasi nantinya hasil usulan formasi yang diajukan oleh masing-masing daerah akan disesuaikan dengan kebijakan moratorium yang mengatur seberapa banyak kebutuhan yang diperbolehkan untuk menambah pegawai baru baik itu di instansi daerah maupun pusat melalui penerimaan tes CPNS 2015 ini.

Dengan demikian bisa dikatakatan bahwa penerimaan tes CPNS 2015 akan tetap dilaksanakan meskipun kemungkinan tidak di semua daerah, misalkan CPNS 2015 di Sultra akan tetap dilaksanakan meskipun kebijakan moratorium telah diberlakukan.

Kembali ke topik utama yang akan dibahas disini yakni mengenai jadwal penerimaan tes CPNS 2015, sebenarnya kapan jadwal penerimaan itu dilaksanakan?

Baiklah secara kronologis sejak awal tahun (bulan Januari 2015) hingga bulan April mendatang adalah jadwal pengajuan usulan oleh masing-masing daerah, selanjutnya usulan yang diajukan itu akan dianalisis oleh pusat hingga keluar keputusan kapan sebenarnya pendaftaran tes CPNS 2015 dimulai.

Untuk prosesnya diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama bahkan hingga sebulan lebih, artinya jika semua usulan saja akan diakhiri pada bulan april 2015 yang akan datang maka untuk jadwal tes paling cepat bulan Juni, bahkan menurut prediksi kami hingga bulan Agustus 2015 yang akan datang.

Jika benar demikian maka ada banyak waktu untuk melakukan persiapan bisa diawali dengan merubah maindset mengenai tes CPNS yang kerap dengan isu nepotisme ataupun sejenisnya karena dengan penggunaan sistem CAT CPNS yang telah diterapkan dalam 2 tahun terakhir hampir bisa dipastikan mampu mengatasi kecurangan yang kerap terjadi dalam sistem perekrutan CPNS baru di Indonesia.

Tetap optimis bahwa Anda pasti bisa lulus karena mereka yang sudah lulus di tahun 2013 dan 2014 telah membuktikannya maka sekarang giliran Anda.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal latihan CPNS 2017 terbaru, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2017