Searching...
Kamis, 24 Juli 2014

Bagaimana Strategi atau Tips Lolos Seleksi CPNS Sistem CAT


Strategi Lolos Seleksi CPNS Sistem CAT
CPNS-INDONESIA.COM - Banyak diantara kita yang memiliki keinginan besar namun tidak didukung oleh perbuatan atau kerja yang besar. Sebatas mimpi-mimpi dan angan-angan yang indah tidaklah cukup tanpa mau action untuk merealisasikan cita-citanya tersebut. Kali ini kami ingin berbagi sedikit strategi atau tips lolos seleksi cpns baik itu sistem ujian LJK maupun CAT (Apa itu sistem cat silahkan baca : Pengertian sistem CAT CPNS)

Seperti yang sudah kami singgung diawal bahwa ada banyak sekali orang yang memiliki angan-angan atau cita-cita yang besar namun jika di lihat dari usahanya untuk meraih cita-cita itu sepertinya masih jauh dari harapan. Bersyukurlah anda sampai di halaman ini karena kami yakin anda adalah orang-orang yang memiliki cita-cita besar dan juga kemauan besar. (Baca juga :  Trik Mengenali dan Menyelesaikan Tipe Soal Ujian CPNS )

Banyak faktor yang menentukan keberhasilan dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS dengan benar, berikut ini akan kami uraikan “Bagaimana Strategi atau Tips Lolos Seleksi CPNS

1. Preparation atau persiapan. Ini sangat penting karena menjadi faktor utama menuju kesuksesan. Banyaklah membaca dan menambah pengetahuan Anda tentang semua materi dasar soal-soal aritmatika maupun pengetahuan umum dan cara berfikir logis.
Berlatih mengerjakan soal-soal tes dari situs internet atau buku-buku sangat dianjurkan. Tetapi anda harus menyadari bahwa ini bukan merupakan jaminan anda akan lulus tes, namun paling tidak anda akan mengenali tipe-tipe tes yang akan dihadapi. Dengan banyak berlatih mengerjakan soal anda akan familiar dengan berbagai macam tipe soal dan tidak akan terkejut ataupun bingung pada saat menghadapi ujian yang sesungguhnya.

2. Lakukan simulasi sendiri. Berlatihlah dengan menggunakan standart waktu yang sesungguhnya, dan akan lebih baik jika anda berlatih secara berkala dengan selalu meningkatkan standart waktu pengerjaan soal dengan tujuan mencari cara paling cepat dan tepat dalam menjawab soal.

3. Istirahat yang cukup sebelum menghadapi tes, usahakan untuk tetap rileks. Sering terjadi seseorang gagal menghadapi tes padahal sebenarnya dia mampu mengerjakannya. Hal ini lebih disebabkan adanya ketegangan yang membuat konsentrasi menjadi tidak baik. Seyogianya anda beristirahat satu atau dua hari sebelum hari-H supaya kondisi fisik tetap bugar.

4. Jangan lupa sarapan pada hari-H karena tes semacam ini membutuhkan energi yang ekstra dan kita tidak mendapat cukup waktu istirahat sekedar untuk mencari makan.

5. Jika memungkinkan, cobalah untuk memeriksa tempat ujian 1 hari sebelum ujian. Untuk beradaptasi dengan tempat tersebut dan mengindari perasaan canggung di hari pelaksanaan ujian.

6. Bacalah terlebih dahulu instruksi atau petunjuk pengerjaan soal. Lakukan dengan cepat dan cermat karena waktu terus berjalan.

7. Utamakan menjawab soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Karena anda akan lebih mengerti untuk mengukur soal mana yang lebih mudah atau sulit dengan memperbanyak berlatih mengerjakan soal (Poin no 2).

8. Dan yang terakhir dan yang paling utama adalah sebelum mengerjakan soal tes berdoalah. Dengan berdoa hati kita akan terasa lebih tenang sert a menambah konsentrasi serta keyakinan kita.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal latihan CPNS 2017 terbaru, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2017