Searching...
Kamis, 19 Juni 2014

Tes CPNS 2014 Tersebar di 2.316 Lokasi Berbeda.


Tes CPNS 2014 Tersebar di 2.316 Lokasi Berbeda.
CPNS-INDONESIA.COM. Tes akbar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini akan dimulai akhir Juli dan awal Agustus lebih tepatnya setelah pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar. Beliau mengklaim jika pelaksanaan tes CPNS yang akan dimulai pada akhir Juli dan awal Agustus mendatang seluruhnya menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Itu artinya, seluruh instansi baik pusat dan daerah tanpa terkecuali wajib meninggalkan sistim lembar jawab komputer (LJK).

“Siap atau tidak siap, semunya wajib pakai CAT. Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kalau menolak pakai CAT, berarti tidak bisa melaksanakan seleksi CPNS,” tegas Azwar di Jakarta.

Untuk beberapa daerah tertentu terutama di timur Indonesia yang mengalami kendala dalam penyediaan infrastruktur, menurut Azwar, pusat sudah memberikan solusinya. Yaitu menggunakan fasilitas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Karena Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) hanya ada di 12 daerah, otomatis tidak bisa menjangkau seluruh wilayah NKRI. Tapi itu bisa ditutupi oleh Kemendikbud,” terangnya.

Menurut Azwar, berdasarkan data pemetaan Kemendikbud, rata-rata daerah kabupaten/kota sudah memiliki laboratorium komputer. Fasilitas ini bisa digunakan oleh daerah-daerah terpencil yang jauh dari Kanreg BKN atau pemda.

“KemenPAN-RB sudah menggandeng BKN dan Kemendikbud untuk mengadakan tes kompetensi dasar (TKD). BKN menyediakan fasilitas CAT di 12 BKN Kanreg dan BKN Pusat. Sedangkan 2.304 titik lokasi untuk TKD disiapkan Kemendikbud,” bebernya. Jadi ada 2.316 titik lokasi.

“TKD tahun ini juga diberlakukan passing grade seperti tahun 2013. Peserta yang lolos TKD akan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKB-nya berupa tes tertulis atau psikologi lanjutan, praktek/perfomance test, serta wawancara oleh instansi,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan tahun ini pemerintah akan menargetkan ada sebanyak 100.000 kursi CPNS baik instansi pusat maupun daerah, jalur umum maupun honorer K-2 yang semuanya menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal latihan CPNS 2017 terbaru, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2017