Searching...
Sabtu, 21 Juni 2014

Inilah Solusi Mengatasi Kendala Ujian CPNS CAT 2014 Di Daerah


"cpns cat"
CPNS-INDONESIA.COM - Beredarnya kabar sistem ujian CPNS akan diubah secara masal dengan menggunakan sistem CAT menuai berbagai pertanyaan dari beberapa kalangan. Sebagian dari mereka ragu dengan sistem yang ditawarkan oleh pemerintah yaitu sistem computer assisted test (CAT). Mereka menilai masih banyak daerah yang mengalami kendala dalam penyediaan infrastruktur. Namun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar, mengatakan bahwa kendala tersebut sudah ada sejak dulu namun kini pusat sudah memberikan solusinya dalam pengadaan komputer untuk sistem CAT tersebut.

Untuk kawasan tertentu terutama di timur Indonesia yang mengalami kendala dalam penyediaan infrastruktur menurut Azwar, pusat sudah memberikan solusinya. Yaitu menggunakan fasilitas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

“Karena Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) hanya ada di 12 daerah, otomatis tidak bisa menjangkau seluruh wilayah NKRI. Tapi itu bisa ditutupi oleh Kemendikbud,” terangnya.
Menurut Azwar, berdasarkan data pemetaan Kemendikbud, rata rata-rata daerah kabupaten/kota sudah memiliki laboratorium komputer. Fasilitas ini bisa digunakan oleh daerah-daerah terpencil yang jauh dari Kanreg BKN atau pemda.

“KemenPAN-RB sudah menggandeng BKN dan Kemendikbud untuk mengadakan tes kompetensi dasar (TKD). BKN menyediakan fasilitas CAT di 12 BKN Kanreg dan BKN Pusat. Sedangkan 2.304 titik lokasi untuk TKD disiapkan Kemendikbud,” bebernya. Jadi ada 2.316 titik lokasi.

Sebagai informasi tambahan Azwar juga mengatakan tata cara penilaian atau passing grade seleksi CPNS tahun ini tidak akan berbeda dengan tahun sebelumnya dan materi ujian juga sama.

“TKD tahun ini juga diberlakukan passing grade seperti tahun 2013. Peserta yang lolos TKD akan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKB-nya berupa tes tertulis atau psikologi lanjutan, praktek/perfomance test, serta wawancara oleh instansi,” pungkasnya.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal latihan CPNS 2017 terbaru, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2017