Searching...
Sabtu, 21 Juni 2014

Formasi Penyuluh Pertanian CPNS 2014 Pemerintah Memberikan Kuota 5000


Formasi Penyuluh Pertanian CPNS 2014 Pemerintah Memberikan Kuota 5000
cpns-indonesia.com- Seperti diberitakan sebelumnya seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dilaksanakan bulan Agustus hingga Oktober mendatang. Namun untuk pendaftaran sudah akan dimulai pada minggu ke-3 Juli mendatang. Beberapa formasi yang banyak menyerap kuota CPNS 2014 diantaranya adalah formasi tenaga pendidikan (guru dan dosen), kesehatan (dokter, perawat, dan bidan) dan formasi penyuluh pertanian.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan kuota lima ribu formasi untuk jabatan penyuluh pertanian, lewat jalur pelamar umum yang ingin menjadi CPNS.

Dengan demikian tenaga harian lepas (THL) dan tenaga bantu penyuluh (TBP) yang jumlahnya mencapai 23.771 orang tidak otomatis menjadi CPNS. Bagi yang usianya di bawah 35 tahun, bia ikut tes jalur umum. Yang lebih tua, bisa mendaftar sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).
“Tahun ini, ada lima ribu formasi CPNS untuk penyuluh yang kita siapkan. Bagi THL-TBP yang usianya di bawah 35 tahun bisa memungkinkan ikut lewat jalur umum saja karena penyuluh kita prioritaskan,” ungkap Deputi SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja dalam rapat dengar pendapat Komisi IV DPR RI di Gedung Senayan, Kamis (19/6).

Khusus untuk PPPK, lanjutnya, proses seleksinya belum bisa dilakukan karena masih harus menunggu ditetapkannya Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) menjadi PP tentang PPPK.
Kepala Badan Penyuluhan Pengembangan SDM Pertanian (PPSDMP) Kementan Winny Dian Wibawa, mengungkapkan, total penyuluh 23.771 orang. Yang akan diangkat tahun ini lewat jalur PPPK adalah 10 ribu orang.
“Karena penyuluh kita kebanyakan di daerah, maka formasi PPPK kita ambil dari daerah. Nantinya Kementan akan meminta daerah untuk mengajukan usulan formasi PPPK bagi penyuluh,” terangnya.

Sebagai informasi tambahan seleksi CPNS tahun 2014 ini akan banyak menyerap 5000 kursi (5%) dari total kursi CPNS yang tersedia untuk sarjana lintas jurusan/ilmu. Siapa saja dari jurusan mana saja bisa melamar ke formasi bukan jurusan/ilmunya.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal latihan CPNS 2017 terbaru, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS 2017