Searching...
Sabtu, 21 Juni 2014

Butuh Guru Honorer K2 Berkualitas dan Berkompetensi Jadi CPNS 2014


Butuh Guru Honorer K2 Berkualitas dan Berkompetensi Jadi CPNS 2014
cpns-indonesia.com - Tahun 2014 ini pemerintah akan memperhatikan betul proses penerimaan dan pengangkatan tenaga honorer K2 dan akan lebih hati-hati. Pasalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Azwar Abubakar tidak mau asal-asalan mengangkat seluruh guru honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS.

Alasan Azwar Abubakar adalah fakta menunjukkan bahwa sebagian besar guru honorer K2 kompetensinya rendah dan tidak lulus tes yang dilakukan pada 2013. Dikatakan jika kompetensi guru rendah, maka dampaknya akan dirasakan para siswanya.
“Bagaimana bisa saya pertanggungjawabkan kepada anak-anak murid kita kalau yang mengajar mereka adalah guru dengan kualitas rendah, bagaimana mutu pendidikan kita bisa meningkat kalau tidak ditopang dengan mutu tenaga pendidik juga” tegas Azwar Abubakar di Jakarta, Rabu (18/6/14).

Azwar Abubakar menambahkan jika pemerintah sudah cukup kompromi dengan guru honorer K2. Jika pelamar umum passing grade kelulusannya minimal 50, untuk guru honorer diturunkan hingga 30. Dengan catatan pemda wajib menambah pendidikan dan keahlian tenaga gurunya.
“Kalau yang nilainya 10 minta diangkat juga, apakah tidak anjlok bener. Nilai 10 artinya IQ-nya juga 10. Betapa berdosanya saya bila mengangkat guru honorer yang kompetensinya rendah, terbayang tidak, apa jadinya kualitas anak-anak kita kalau guru yang mengajar dia ber-IQ rendah” tambahnya seperti yang dilansir JPNN.

Dilain pihak Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Eko Sutrisno mengunkapkan pemerintah tidak berani mengangkat calon guru yang tidak lulus tes. Pasalnya UU Guru mengatur tentang standar kompetensi tenaga pendidik.
“Ini kita kembalikan kembali kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) karena domainnya guru. Apakah bisa mengangkat guru yang tidak sesuai kompetensinya?” ungkapnya.
BKN, lanjut Eko sedang menyelesaikan pemberkasan NIP honorer K2 yang sudah clear. Jika guru honorer mendesak untuk diangkat CPNS, sebaiknya menunggu proses pemberkasan selesai. Lantas bagaimanakah kelanjutan nasib guru honorer K2? Patut ditunggu perkembangannya.

Sebagai informasi tambahan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum dan honorer K2 akan digelar bulan Agustus sedangakan untuk pendaftaran CPNS akan dibuka minggu ketiga Juli dan seleksi tersebut akan dilaksanakan dengan sistem computer Computer Assisted Test (CAT) secara keseluruhan baik puat maupun daerah.

Tes CPNS itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017, baca selengkapnya Soal Latihan CPNS KEMENTERIAN DAN LEMBAGA NEGARA 2017